Kabar Gembira, Alat Ini Kembali Hadir Di Banjarnegara

Banjarnegara, gayengnews.com– Warga Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara beramai ramai memasang kentongan di teras rumahnya.

 Alat ini mempunya kode atau model ketukan yang berbeda beda dalam situasi tertentu. Alat ini akan di pukul terus menerus jika ada maling, bencana alam atau waktu ada pertemuan yang ada didesa.

Seiring berkembangnya zaman, kentongan pun mulai ditinggalkan dan beralih ke gadget atau alat sejenisnya yang membuat kentongan ini semakin langka.

Mengetahui alat ini mempunyai fungsi yang sangat penting, Polres Banjarnegara menggalakan kembali pemasangan kentongan bersama dengan penandanya.

Berawal di desa pegundungan, kecamatan pejawaran kegiatan ini dimulai.

“dalam rangka meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum polsek pejawaran, kami menggalakan pemasangan kentongan beserta tandanya,” ujar AKP Budi Dermawan Kapolsek pejawaran, minggu (29/1/2017).

Masyarakat menyambut positif kegiatan ini dan ikut berpartisipasi dengan diadakannya acara tersebut.

Mereka dengan bersama sama memasang kentongan di teras rumah masing masing warga.

Menurut Kapolsek kentongan mempunyai manfaat yang sangat banyak, bukan hanya dijadiakan alat panggilan bahaya atau hanya untuk tanda mau diadakan nya kumpulan bersama saat ada pertemuan atau acara desa yang lain.

“kentongan merupakan peninggalan asli bangsa indonesia, memiliki sejarah yang sangat tinggi, dengan perawatan yang sekedarnya saja”, ujarnya Budi.

Dia berharap pemasangan kentongan dapat membantu antisipasi kejadian yang diluar dugaan. (adm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *