Ketua PHRI Jawa Tengah Berharap Pemerintah Memudahkan Perizinan

Semarang, gayengnews.com- Ketua Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia(PHRI) Jawa Tengah Heru Isnawan saat menghadiri acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PHRI Jateng III di Hotel Grand Edge Semarang, Sabtu (25/2/2017) meminta dukungan pemerintah Kabupaten/ Kota untuk menggenjot destinasi wisata.

Pihaknya beranggapan bahwa penting untuk menumbuhkan sektor pariwisata, tak terkecuali bisnis hotel dan restoran.

Ia pun menjelaskan bahwa disuruh atau tidak para pelaku hotel dan restoran akan tetap mempromosikan dagangannya.

Dan hal ini harus dimbangi dengan daya tarik dari daerah untuk menggaet para wisatawan datang.

“tiap daerah harus mempunyai lokasi menarik, supaya Jawa Tengah tidak menjadi daerah transit seperti sekarang ini, maka harus muncul distinasi atau kegiatan seperti event event baru maupun yang lebih inovatif bagi destinasi eksisting,” ucapnya.

Senada dengan heru, Sekretaris PHRI Jawa Tengah Yantie Yulianti juga menambahkan, beberapa daerah di Provinsi Jawa Tengah sudah sadar akan pentingnya melahirkan destinasi wisata baru untuk menarik wisatawan. sebagai contoh Kota Semarang dengan kampung tematiknya.

Iapun berharap bahwa langkah langkah yang dilakukan Kota Semarang ini dapat di contoh oleh daerah daerah lain di Jawa Tengah.  Dengan kekayaan wisata yang dimiliki oleh Jawa Tengah akan memberikan dampak yang baik pula pada usaha hotel dan restoran untuk menarik wisatawan datang berkunjung.

Heru pun menambahkan bahwa selain mendorong terciptanya destinasi wisata baru, pihaknya pun menekankan kepada pemerintah untuk memberikan fasilitas bagi hotel dan restoran dalam perpanjangan izin dan membuat izin baru. Sebab anggotanya banyak yang mengeluh soal ketidak praktisan atau butuh waktu lama untuk mengurus perijinan.

“semua bentuk perizinan harapannya dipermudah. Sebab hotel itu izinnya banyak mulai dari Jenset, HO, listrik, Amdal dan lain sebagainya. Bisa nggak itu semua dijadikan satu, baik untuk mendirikan hotel baru atau yang sudah eksisting,” imbuhnya.

Dari data yang tercatat Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat penghunian kamar hotel berbintang di Jawa Tengah mengalami kenaikan 6, 38 persen, tercatat pada Desember 2016 sebesar 51,61 persen sedangkan November 2016 hanya tercatat 45,23 persen.  (adm/hou)

One thought on “Ketua PHRI Jawa Tengah Berharap Pemerintah Memudahkan Perizinan

  1. I see your blog needs some fresh content. Writing manually is time consuming, but there is
    solution for this hard task. Just search for; Miftolo’s tools rewriter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *