Nelayan Batang Geruduk Proyek Pembangunan PLTU

Batang, gayengnews.com- Sebagai bentuk protes terhadap berbagai kerugian yang dialami akibat pembangunan proyek Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batubara, nelayan di Batang dengan mengepung proyek pembangunan PLTU dengan puluhan perahu pada Jum’at (17/3)

Hal ini mereka lakukan karena kegiatan pengerukan yang dimulai sejak 206 lalu, menyisakan berton-ton timbunan lumpur yang dibuang sembarangan di berbagai titik tempat nelayan mencari ikan dan udang.selain itu, nelayan juga mengeluhkan adanya pembuangan material bekas pembangunan lain,seperti tali ambang, besi dan bambu.

“Jika pembangunannya saja sudah banyak merusak dan merugikan, bagaimana kalau sudah berjalan nanti,” ungkap Dulhakim, salah seorang nelayan sebagaimana dilansir oleh laman berita jatengku.com.

Menanggapi kejadian ini, Solidaritas untuk Keadilan warga Batang (SKWB) yang intens melakukan berbagai penolakan terhadap pembangunan PLTU Batubara bersama para nelayan menyatakan bahwa mereka masih terus mencatat berbagai kerugian yang dialami oleh nelayan. Dan diperkirakan kerugiannya akanterus bertambah seiring berjalannya pembangunan PLTU.

“Kami menduga banyak terjadi pelanggaran pembangunan, saat ini kami mengumpulkan lebih banyak fkata tentang kerusakan dankerugian,serta mengkajiberbagai aturan dan perjanjian yang sebelumnyadisepakati oleh perusahaan,” terang Catur Ary, salah seorang relawan SKWB. (adm/059/rep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *